• header milad
  • header pahl

SMP MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO TELAH MEMBUKA PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU TAHUN AJARAN 2023/2024

Kontak Kami


SMP MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO

NPSN : 20301881

Jl.Perintis Kemerdekaan NO.6 Purwokerto 53141


smpmuh1pwt@yahoo.com

TLP : (0281) 637782


          

Pencarian

P5 MuOne: CINTA ROSUL SEMANGAT BERIBADAH




MuOne News _ Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau P5 telah beberapa kali dilakukan dalam Kurikulum Merdeka pada dua tahun terakhir ini. Untuk tahun pelajaran 2023/2024 pelaksanaan P5 tidak diagendakan secara khusus dalam kegiatan tertentu, namun disinergikan dengan kegiatan-kegiatan yang telah rutin dilakukan. Pada kesempatan pertama tahun ajaran ini, P5 yang dilaksanakan mengambil tema 'Bangunlah Jiwa dan Raganya'. Tema ini disinergikan dengan pengajian yang masih berkaitan dengan bulan robi'ul Awal, yaitu bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Judul pengajiannya adalah 'Cinta Rosul Semangat Beribadah'. Dengan pembicara utama Ustadz Mulyadi Yulianto, S.Pt atau biasa disapa kak Imung, kegiatan pengajian bersinergikan P5 dilaksanakan pada hari Rabu, 11 Oktober 2023 saat jam pembelajaran ke-2 hingga jam ke-7.


     Persiapan kegiatan pengajian P5 ini dilakukan selepas pelaksanaan jam wali kelas. Setelah semua siap, pembawa acara segera membuka kegiatan. Sambutan dalam kegiatan ini disampaikan oleh wakil kepala sekolah, Sri Rahayu Ningsih, S.Pd. Beliau menyampaikan bahwa pada hari tersebut murid-murid sebenarnya dalam program pembelajaran dengan guru narasumber. Kepada murid-murid, beliau mengingatkan tentang adab murid kepada gurunya. "Adab seorang murid kepada gurunya yaitu; 1. Mendoakan kebaikan untuk para guru, 2. Tidak gaduh ketika belajar, 3. Hormati guru, 4. Rendah diri, 5. Suci hati ketika belajar, 6. Semangat dalam mengikuti pembelajaran, 7. Bersikap sopan, ramah dan saling menyayangi", jelas Bu Sri. Kemudian setelah wakil kepala sekolah selesai menyampaikan sambutannya, perwakilan dari kaur kurikulum, Harafi Caesarina, M.Pd menyampaikan gambaran P5 selama tahun pembelajaran tahun 2023/2024.


     Murid-murid sudah menunggu hadirnya sang pembicara utama yang memang tokoh pendongeng nasional, dan untuk mengisi jeda tampillah murid-murid kelas tahfidz yang bermuroja'ah membawakan beberapa surat. Selanjutnya, ada tampilan paduan suara yang menyanyikan lagu Cinta Rosul karya Bimbo disambung lagu .... . Akhirnya, pembicara utama hadir dan mulai membuka suasana dengan keceriaan. Karena beliau memang seorang pendongeng handal, murid-murid dibuat terpukau dengan apa yang beliau sampaikan. Di sela-sela pengajiaannya, Kak Imung melempar pertanyaan-pertanyaan kepada para murid yang antusias dalam menjawabnya. Ada bonus yang diberikan setiap pertanyaan yang dijawab murid.


     Adapun materi pengajian yang Kak Imung sampaikan adalah seputar keteladanan Nabi Muhammad SAW. Beliau menyampaikan bahwa ada dalam diri Rosul itu uswatun khasanah. Dan cara meneladani Rosul adalah memahami kisah kelahiran Rosul dan perjalanan hidupnya. Bermula dari awal kisah orangtua nabi saat mereka menikah. Ayahnya Abdullah dan ibunya Aminah belum lama menikah, namun Abdullah sudah harus meninggalkan Aminah karena saat itu musim berdagang dan setiap laki-laki wajib berangkat untuk menuju tempat di mana perdagangan diselenggarakan dan tempatnya jauh. Walau berat, Aminah melapas kepergian Abdullah yang belum mengetahui ternyata Aminah hamil. Kisah berlanjut dan Nabi Muhammad lahir, namun tak lama kemudian dia ditinggal meninggal oleh ayah ibunya dan Muhammad kecil berpindah-pindah asuhan sampai akhirnya beliau ada dalam asuhan paman tercintanya, Abu Tholib. Ada satu peristiwa yang Kak Imung sampaikan dan itu adalah salah satu mukjizat Nabi Muhammad. "Ketika itu, Muhammad kecil sedang bermain dengan teman-temannya, dan datanglah seorang dewasa dengan baju serba putih. Teman-temannya berlari ketakutan dan melaporkan kepada Halimah yang saat itu menjadi ibu susu Muhammad bahwa Muhammad dibunuh. Namun ketika diperiksa, Muhammad memang mengaku dibelah dadanya yang kemudian dicuci dalam bejana yang dibawa orang yang sebenarnya adalah Malaikat Jibril. Teman-teman kecil Muhammad menjadi saksi akan kejadian Mukjizat itu", jelas beliau.


     Kemudian Kak Imung menyampaikan bahwa Nabi Muhammad menjadi teladan umat manusia karena Alloh sudah melantik atau menetapkannya sebagai nabi dan rosul. Hikmahnya adalah; 1. nabi adalah manusia biasa, 2. nabi beraklaq sempurna, 3. nabi sempurna fisiknya, 4. nabi sehat selalu dan hany apernah sakir menjelang wafatnya, dan 5. nabi memiliki peran hidup yang kompleks. kak Imung menutup pengajian hari itu dengan mengingatkan tentang perjalanan nabi dalam Isro' Mi'roj dimana nabi Muhammada bertemu Alloh secara langsung dan menerima perintah yang sangat penting dan menjadi kewajiban manusia untuk melaksanakannya, yaitu sholat 5 waktu. "Sholat adalah amalan pertama yang Alloh perintahkan langsung dengan memanggil rosul ke hadapan-Nya. Dengan sholat, kita dibedakan antara muslim dengan kafir, mencegah perbuatan keji dan mungkar. Dan sholat adalah amalan pertama yang Alloh hisab", pungkas beliau. Rangkaian kegiatan pengajian P5 ini terlaksana kurang lebih dari pukul 8 sampai menjelang waktu Dhuhur. Setelahnya, murid-murid melaksanakan sholat Dhuhur berjama'ah, istirahat, dan pelajaran berlanjut sampai akhir jam ke-10. (SH)


 



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :

 

Komentar :

Pengirim : SRI RAHAYUNINGSIH -  [srahayuningsih278@gmail.com]  Tanggal : 16/10/2023

Alhamdulillah Barokalloh lancar' semoga menjadikan anak didik kita semakin mencintai Rosululloh SAW dg meneladinya



   Kembali ke Atas